Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah merupakan salah satu jenis jurnal akademik di mana penulis mempublikasikan artikel ilmiah. Untuk memastikan kualitas ilmiah pada artikel yang diterbitkan, suatu artikel biasa diteliti oleh rekan-rekan sejawatnya dan direvisi oleh penulis, hal ini dikenal sebagai peer review.

View details »

Penelitian

Penelitian adalah suatu proses penyelidikan secara sistematis yang ditujukan pada penyediaan informasi untuk menyelesaikan masalah-masalah.

View details »

Pengabdian

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dharma atau tugas pokok dari suatu perguruan tinggi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian. Pelaksanaan dharma pengabdian kepada masyarakat yang dalam realisasinya juga melibatkan dua dharma lainnya, diharapkan akan selalu ada keterkaitan bahkan kemanunggalan antara Perguruan Tinggi, dalam hal ini STIKOM Bali dengan masyarakat.

View details »

Repository

    Tidak ada data. Silahkan LOGIN untuk melihat data untuk Dosen atau Mahasiswa

    Pengumuman

    Top 10 Dosen Pengakses Eresearch Bulan Lalu

    Tips: Klik gambar untuk memperbesar

    Berita

    Menampilkan 1-1 dari 1 hasil

    Pengembangan Potensi Desa Petang

    Ditulis pada: Fri, 10-11-2017 11:27:29, Oleh: CAD

    Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik &pembangunan sektor lain [1][2]. Administrasi kependudukan di pedesaan sering terkendala dengan terbatasnya tenaga kerja, khususnya dibidang IT dan kesibukan warga dengan aktivitasnya mulai dari pertanian hingga upacara keagamaan.

    Desa Petang terletak di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Desa Petang merupakan desa agronomi/pertanian, industri kerajinan dan pariwisata. Penduduk desa Petang tergolong pada yaitu 27.576 penduduk pada sensus 2004 dengan wilayah 115km2 [3]. Mendata penduduk yang banyak memerlukan penyimpanan data yang banyak sehingga pemrosesan secara manual dengan tenaga kerja yang terbatas menghabiskan banyak waktu dan tak jarang menyebabkan antrian.

    Radio Frequency Identification (RFID) proses identifikasi menggunakan medan elektromagnetik untuk secara otomatis mengidentifikasi dan melacak tag yang dilekatkan pada objek. Tag berisi informasi yang tersimpan secara elektronik [4]. Tag pasif mengumpulkan energi dari gelombang radio interogasi pembaca RFID terdekat. Teknologi RFID sudah banyak digunakan untuk tujuan menghindari antrian seperti rumah sakit, gerbang jalan tol, tiket masuk konser dan sebagainya [5]. Teknologi RFID sudah menjadi teknologi murah dan memiliki ketahanan lebih terhadap air maupun lengkungan.

    Raspberry Pi adalah serangkaian komputer papan tunggal kecil yang dikembangkan di Inggris oleh Raspberry Pi Foundation untuk mempromosikan pengajaran ilmu komputer dasar di sekolah dan di negara-negara berkembang [6]. Namun pada perkembangannya raspberry pi lebih banyak digunakan untuk pengembangan perangkat komputer dengan perangkat elektronik khusus yang terhubung melalui serial seperti sensor, motor hingga perangkat jaringan komunikasi. Raspberry pi berukuran kecil, hemat energi (5V dan 2A) dan memiliki fitur koneksi yang sangat lengkap seperti wifi, bluetooth, hdmi dan 4 port USB [7].

    Untuk mempermudah proses administrasi kependudukan maka dirancang purwarupa sistem administrasi kependudukan desa petang berbasis web menggunakan RFID dan raspberry pi. Penggunaan RFID dan tombol khusus sesuai keperluan yang terhubung dengan raspberry pi bertujuan untuk mempercepat dan menyederhanakan proses administrasi pendudukan untuk penduduk desa yang awam tentang komputer sekalipun. RFID dan tombol pada raspberry pi dipilih sebagai antar muka utama pada sistem karena tidak semua warga mahir menggunakan smartphone maupun laptop dan jarak tidak terlalu jauh. Perangkat yang berukuran kecil ini juga memungkinkan ditempatkan di luar kantor desa Petang sehingga warga tanpa akses internet (smartphone, laptop) dapat mengakses sistem di luar jam operasional.

    Ruang lingkup dibatasi pada perancangan purwarupa sistem berdasarkan keperluan administrasi kependudukan pada desa Petang yaitu pendataan penduduk dan unit kegiatan masyarakat (UKM) untuk perencanaan pengembangan desa. Tulisan ini dibuat sebagai penelitian pra penerapan dan evaluasi pada lokasi penerapan yaitu desa Petang.

    Hasil dan pembahasan pada tulisan ini meliputi penjelasan mengenai class diagram, flowchart proses identifikasi RFID dan breadboard dari perangkat raspberry pi dan RFID reader yang akan dibangun.